Manfaat Hutan Mangrove baik dari segi Ekologi maupun Ekonomi.


 

Hutan Mangrove

Mungkin banyak orang yang tidak tahu akan Hutan Mangrove, Bahkan banyak orang yang belum pernah mendengar kata mangrove..

Nah,, kalau Hutan Bakau,,?? pasti banyak yang mendengar..
hal ini lah yang harus diperbaiki di mayarakat Indonesia di zaman sekarang ini.
Kata Hutan Bakau dan Hutan Mangrove berada pada lokasi hutan yang sama yaitu pada tepi laut. Namun, yang menjadi perbedaan Hutan Bakau dengan Hutan Mangrove adalah Komposisi Penyusun yang ada di dalam hutan tersebut.


Kata Hutan Bakau sering kita dengar, namun kata itu hanya menunjukkan untuk satu jenis tanaman saja, yaituRhizopora sp

Rhizopora atau sering disebut Bakau sangat erat fungsinya dengan masyarakat di pesisir pantai. Hal ini disebabkan tumbuhan jenis Rhizopora memiliki kayu yng sangat baik untuk energi, maksudnya kayu dari tumbuhan rhizopora sangat baik untuk digunakan menjadi kayu bakar atau arang kayu.

Nah, dari kegunaan tersebutlah maka masyarakat lebih sering mengenal hutan yang berada pada pinggir laut itu adalah Hutan Bakau.

 

Kalau Hutan Mangrove Sendiri merupakan hutan yang berada pada pinggir pantai dan memiliki jenis dan keragaman tumbuhan yang tinggi serta hampir seluruh tumbuhan yang berada pada Hutan Mangrove memiliki sistem adaptasi terhadap Salinitas atau kadar garam air laut. hal ini yang menjadi keunikan dari Hutan mangrove, dimana Hutan Mangrove tersebut pada pagi hari akan terendam air pasang dan pada siang hari saat pasang surut Hutan Mangrove tidak tergenang lagi. Keragaman Hutan Mangrove sangat tinggi, beberapa tanaman yang ada di Hutan mangrove sepertiRhizopora sp, Bruguiera Sp, Sonneratia sp, Acanthus, Xylocarpus, dll.

penyebaran mangrove:

Untuk perkenalan Hutan mangrove segini dulu, yang ingin saya sampaikan adalah tentang Fungsinya Hutan mangrove baik dari segi Ekologi maupun Ekonomi.

Manfaat Hutan Mangrove selalu di lihat dari aspek ekonomi, tapi sebenarnya manfaat hutan mangrove juga tidak bisa dipisahkan dari manfaat ekologi yang ada padanya. Hutan Mangrove memiliki banyak sekali fungsi yang harus diperhatikan. tapi ada beberapa manfaat hutan mangrove yang harus diketahui oleh semua lapisan masyarakat Indonesia

Manfaat Ekologi dan Ekonomi Hutan Mangrove

1. Mangrove sebagai Sumber Pangan
Kalau bisa dibilang kita dapat melihatnya seperti rantai makanan

Tumbuhan pada Hutan mangrove  > Daun/Buah/tumbuhan yang mati dan terdekomposisi oleh dekkomposer  > Hasil dekomposisi dimakan oleh hewan kecil seperti plankton, udang, kepiting  > hewan kecil dimakan oleh hewan besar dan seterusnya  > dan seluruh dari mangrove, hewan kcil dan hewan besar dimakan oleh manusia.
Rantai Makanan ini sangat penting bagi kehidupan manusia, karena ternyata Hutan mangroe juga dapat berpengaruh terhadap cadangan pangan manusia.

hewan di mangrove:

2. Mangrove sebagai sumber papan
Pada zaman sekarang ini, kayu mangrove diameter besar sangat dicari oleh berbagai pihak, hal itu dikarenakan kayu laut ini memiliki kelas keawetan yang tinggi. Keawetan tersebut dikarenakan kayu mangrove telah beradaptasi dengan air laut yang memiliki kadar garam yang tinggi. Kadar garam tersebut membuat kayu mangrove memiliki kelas awet kayu yang tinggi. Namun, di Era sekarang kayu mangrove berdiameter besar sangat jarang dijumpai, hal ini dikarenakan banyaknya penebangan tanpan ijin. Yang parahnya lagi kayu-kayu berdiameter kecil juga ikut di tebang untuk memenuhi permintaan kayu mangrove. Nah, ane gk nyaranin lagi kepada masyarakat untuk ngmbil kayu mangrove,, soalnya tumbuhan mangrove sangat lama besar.

3.Mangrove sebagai sumber Energi
Kayu mangrove juga sangat dicari untuk dijadikan kayu bakar atau arang. Sektor inilah yang sangat berpengaruh terhadap berkurangnya mangrove di Indonesia. Kayu arang sangat dimnati karena daya arang yang tahan lama serta arangnya cepat panas.

arang kayu mangrove:

4. Mangrove sebagai penambah Devisa Negara
Komposisi hutan mangrove sangat identik dan tidak dapat dijumpai pada hutan lainnya. Keunikan-keunikan dari masing-masing tanaman inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang luar negri. Aspek wisata sangat digemari pada Hutan Mangrove ,, apalagi kalau dapat diberikan fasilitas dan Management yang baik. Mangrov dapat menjadi salah satu tujuan liburan yang menarik gan.

wisata:

5. Mangrove menjadi Pelindungan dari Tsunami
Manfaat yang satu ini tidak dapat dipandang sebelah mata. hal ini telah dibutikan dibeberapa lokasi yang pernah terjadi tsunami. Faktor dari kerapatan yang ada di hutan mangrovelah yang mampu melakukan semua itu. smua apa? hahaha.. maksudnya, keraptan dri hutan mangrove dapat mengurangi kecepatan dan debit air laut yang masuk kedaratan saat terjadi tusnami. Memang kalu dilihat hutan mangrove merupakan hutan yang tidak cantik, berlumpur dan kotor. Namun, untuk fungsinya yang satu ini sangat harus diperhitungkan.

6. Mangrove bermanfaat untuk menghalangi air laut masuk ke daratan
Siapa yang pernah ke Jakarta? pengalaman saya ke Jakarta memang sangat menyenangkan, namun juga banyak ironi yang saya lihat. Saat saya terbang ke Jakarta , dan melihat kebawah ternyata batas tinggi air laut dan daratan hampr tidak terlihat. Hal ini yang sering orang katakan kalau sebentar lagi jakarta tenggelam.. Tapi saya yakin tidak semudah itu , Belanda Negri di atas air dapat melakukannya.
Nah yang ingin saya sampaikan bukan masalah Jakarta tenggelam, tapi masalah lapisan hutan mangrove yang sangat sedikit di pinggir Jakarta, padahal bisa dikatakan jakarta sangat dekat dengan lautan. Ditambah dengan seringnya masyarakat jakarta mengambil air tanah langsung, menyebabkan air tanah berkurang dan air lautlah yang masuk menggantikannya,, hal itu yang menyebabkan kenapa air tanah jakarta terasa asin. Lapisan hutan mangrove mampu menahan abrasi air laut dengan perakarannya, sehingga air laut sulit masuk kedaratan. Nah, jika terjadi air asin pada daratan dan cukup jauh dari laut berarti ekosistem Hutan Mangrovenya telah rusak gan.

Sebenarnya masih banyak manfaat hutan mangrove yang dpat dibahas, tapi nanti kepanjangan hehehe.. Nah, bagi agan-agan yang tau fungsi dari manfaat di atas silahkan bergabung, berikan komentarnya gan. agar semua lapisan masyarakat mampu menjaga serta tau apa itu Hutan Mangrove GAN..  :ILOVEINDONESIA

 

Posted on Juli 7, 2013, in Education. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: