Cara Agar Smartphone Tidak Cepat Panas


Sobat pengguna Smartphone? Pasti sobat tidak aneh lagi kan jika handphone sobat cepat panas atau batre nya cepat habis?

Mungkin bagi yang pertama kali memakai akan beranggapan bahwa ‘wah handphone saya rusak dan harus diganti lagi’ atau ‘batre nya jelek’ atau apapun lah itu.

Sebenarnya smartphone itu sudah bawaan nya seperti itu, jadi sobat jangan heran dan menyangka handphone sobat rusak. Nah kali ini saya akan membahas apa penyebab itu semua dan memberikan tips bagi sobat para pengguna smartphone supaya handphone sobat Graders tidak cepat panas.


1. Penyebab : Terlalu sering menggunakan gadget untuk sms, telpon berlama-lama, chatting atau browsing. Bermain game berat atau terlalu lama juga bisa menyebabkan overheat karena prosesor, GPU, RAM dll harus bekerja ekstra yang tentunya juga membutuhkan tenaga ekstra dari baterai, meskipun sumber panas bukanlah sepenuhnya berasal dari baterai.
Saran Solusi : Gunakanlah sewajarnya. Penggunaan berlebihan juga bisa menyebabkan daya baterai cepat terkuras alias boros. Pemakaian wajar juga bisa membantu menghemat baterai gadget sobat Graders.

2. Penyebab : Kondisi ruangan yang pengap atau gerah juga bisa mempengaruhi masalah suhu berlebihan pada gadget. Cara memegang yang salah juga bisa mempercepat naiknya suhu pada gadget (smartphone sobat).
Saran Solusi : Sebaiknya gunakan gadget di area yang lebih sejuk jika ingin menggunakannya untuk hal-hal yang cukup berat seperti bermain game, browsing dll. Lalu saat menggunakan gadget (smartphone), genggamlah dengan “jari”, bukan telapak tangan sobat graders. Karena jika sobat terlalu erat menggenggam terutama dengan telapak tangan, hal itu menyebabkan panas dari dalam gadget tidak dapat terlepas sempurna karena tertahan oleh telapak tangan sobat, jadi berikanlah ruang untuk gadget sobat agar mendapat udara segar dan melepaskan panasnya. Selain itu, jika sobat Graders menggenggamnya dengan telapak tangan, suhu atau panas tubuh sobat akan masuk ke dalam gadget sehingga mempercepat naiknya suhu gadget sobat.

3. Penyebab : Kekuatan signal juga berpengaruh pada naiknya suhu pada gadget. Jaringan atau sinyal  yang lemah akan membuat gadget lebih cepat panas terutama jika digunakan untuk browsing. Hal ini terjadi karena gadget sobat akan terus mencari jaringan yang lebih baik jika signal yang didapatnya terlalu lemah yang (sekali lagi) menyebabkan gadget harus bekerja ekstra.
Saran Solusi : Jika ingin browsing dengan gadget kesayangan, sebaiknya cari tempat yang lebih terbuka. Karena selain lebih sejuk, sering kali jaringan tersebut terhalang oleh tembok, sehingga signal yang diterima oleh gadget menjadi lemah. Terlalu memaksakan memilih jaringan (3G/WCDMA Only misalnya) juga bisa menyebabkan gadget menjadi cepat panas. Jika jaringan di tempat sobat lebih stabil di 2G/EDGE, maka sebaiknya hindarilah memaksakan jaringan seperti itu.

4. Penyebab : Terlalu banyak aplikasi berjalan di background. Sering kali aplikasi yang kita jalankan sebelumnya masih tetap berjalan “dibalik layar” atau di background.
Saran Solusi : Gunakanlah tombol / softkey “back” atau menu “exit” setelah menggunakan aplikasi. Jangan gunakan tombol “Home” (biasa terletak di bagian tengah antara “menu” dan “back” pada gadget Android) untuk menutup aplikasi. Karena jika sobat menggunakan tombol Home, aplikasi tetap akan berjalan dibalik layar sehingga akan membebani kinerja prosesor dan RAM yang (sekali lagi) mengharuskannya bekerja ekstra. Selain bisa mempercepat naiknya suhu gadget, hal tersebut juga bisa membuat gadget sobat menjadi lemot.

5. Penyebab : Kerusakan baterai. Baterai yang sudah terlalu lama digunakan umumnya akan mengalami kerusakan yang ditandai dengan kembungnya baterai, keluarnya cairan dari baterai dll, terutama untuk baterai berjenis Li-Ion yang “masa hidupnya” ditentukan oleh seberapa sering ia di isi ulang.
Saran Solusi : Gantilah baterai tersebut karena jika dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan lebih lanjut pada gadget sobat sendiri. Gunakanlah baterai original untuk menjamin kualitas.

Maaf Jika ada kekurangan, karena saya hanya mengunakan Smartphone Nokia N8 :D
~SEMOGA BERMANFAAT~

 

Posted on Maret 1, 2013, in IT. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: